Kamis, 10 April 2008

MENDUA HATI (PART 1) by: Sonya

Hola!
Akhirnya saya kembali setelah setahun absen hahaha…
For my bro and sis in God...

Galatia 4:8-10
Dahulu, ketika kamu tidak mengenal Allah, kamu memperhambakan diri kepada allah-allah yang pada hakekatnya bukan Allah. Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal Allah, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya? Kamu dengan teliti memelihara hari-hari tertentu, bulan-bulan, masa-masa yang tetap dan tahun-tahun.

Imamat 19:31
“Janganlah kamu berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal; janganlah kamu mencari mereka dan dengan demikian menjadi najis karena mereka; Akulah TUHAN, Allahmu.”

Sebenarnya aku baru saja menemukan ayat ini, dan yang membuat aku heran ternyata kondisi yang ada sekarang ini sudah ada sejak dahulu. Sekarang ini banyak orang yang mengaku sebagai pengikut Kristus, namun pada kenyataannya mereka masih mempercayai hal-hal yang bertentangan dengan Firman Tuhan. Mereka mengaku beriman kepada Kristus, namun mendua hati dengan mempercayai ramalan maupun takhyul, dan bahkan ada yang tetap melakukan penyembahan kepada roh-roh. Memprihatinkan sih...

Contohnya buanyak banget. Misalnya teman-teman saya waktu SMA menggunakan horoscope (ramalan bintang) untuk menentukan jurusan apa yang akan mereka ambil waktu kuliah, padahal mereka ngakunya percaya kepada Kristus. Seseorang yang sudah pelayanan di gereja tidak mau menyapu rumahnya waktu tahun baru Cina karena takut kehilangan berkat. (Woi... Sadar! Yang memberi berkat itu Tuhan!!! Wakakaka...)

Yang lebih konyol lagi, di awal tahun ini ada gereja yang mengadakan acara dengan tema “Apa Rencana Tuhan di Tahun Tikus?” Lho?!! Gak salah tah?
Bukannya di Alkitab tidak pernah ditulis mengenai tahun-tahun semacam itu? Mau tahun tikus air, tikus tanah, tikus got, tikus tongtong, Tuhan gak ambil pusing dengan semua itu. Tidak ada kata ‘jiong’ dalam kamusnya Tuhan (shio kuda dibilang “jiong” dengan tahun tikus, artinya bukan tahun keberuntungan bagi shio kuda). Yang Tuhan mau adalah menyertai semua orang yang hidupnya berpaut hanya kepada-Nya. Tuhanlah yang bisa membuat kita berhasil dan beruntung dalam segala hal!!! Dan satu hal lagi, kita tidak seharusnya menyamakan diri kita dengan binatang (shio=menyerupai, shio tikus=menyerupai tikus), karena kita diciptakan segambar dan serupa dengan Allah (Kejadian 1:26).

Ulangan 16:21
“Janganlah engkau menanam sesuatu pohon sebagai tiang berhala di samping mezbah TUHAN, Allahmu, mezbah yang akan kaubuat bagimu.

Hal lain yang sering dijumpai adalah, orang yang ngakunya percaya Yesus ternyata masih melakukan penyembahan kepada roh-roh, baik roh-roh nenek moyang maupun menyembah patung. Mereka biasanya menggunakan alasan agar selalu ingat kepada makco, kongco, atau eyang kakung mereka. Ada seorang penyanyi lagu rohani terkenal yang masih melakukan hal ini. Namun bukankah hal itu bisa dilakukan dengan cara lain, misalnya cukup dengan memasang foto mereka dengan tidak perlu melakukan hal-hal yang menyakiti hati Tuhan?

Akibatnya kalau kita percaya dengan hal-hal semacam itu...

Kita akan kehilangan berkat dan justru memperoleh kutuk. Mulai dari kutuk pemberontakan, penyakit, kemiskinan, kebinasaan, dan kutuk-kutuk mengerikan lainnya (bisa dilihat pada Ulangan 28:15-46). Itulah yang dikehendaki oleh si Iblis.
Dan kita perlu tahu bahwa ramalan bintang (horoscope), shio (chinese horoscope), dan penyembahan kepada roh-roh itu tidak bisa menjamin hidup kita. Daripada kita mengimani ramalan yang sifatnya tidak pasti, belum tentu terjadi, bukankah lebih baik kita letakkan seluruh iman kita pada janji Tuhan? Sebab hanya Tuhanlah yang tahu secara pasti mengenai masa depan kita dan Dialah yang sanggup memenuhi semua yang kita perlukan.

Ini ada salah satu hikmat dari Tuhan mengenai menghadapi hari depan.

Amsal 31:25
Pakaiannya adalah kekuatan dan kemuliaan, ia tertawa tentang hari depan.

Hari depan harus disambut dengan tertawa (sukacita) bukan dengan bingung atau panik. Mengapa?

Yeremia 29:11
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.


Kalau kita mempercayai Tuhan, maka apapun yang kita alami, baik atau buruk, Tuhan pasti akan membuat kejadian itu mendatangkan kebaikan bagi kita. Pasti!
Dia adalah Allah yang setia dan tidak pernah lalai menepati janji-Nya bagi mereka yang berpegang teguh kepada-Nya. Dialah sumber berkat kita.

Bagi yang merasa ‘tertusuk’...

Ibrani 3:7-8a
Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: "pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman...

Apakah Anda sudah serahkan seluruh hidup Anda ke dalam tangan-Nya?
Apakah Dia satu-satunya Tuhan dan Juruselamat yang Anda percayai?
Apakah Anda sudah benar-benar menerima Dia? Atau justru dalam hati kecil Anda menolak-Nya?

Pilihan di tangan Anda...

1 Yohanes 1:9
Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Jesus loves u { (^0^) }

Tidak ada komentar: