Jumat, 18 April 2008

Doa yang Melampaui Batas (by: Sonya)

Dapat ayat ini waktu sate (saat teduh) beberapa hari yang lalu, dan mulai teringat sesuatu. Ternyata pernah baca bukunya hahahaha =D

1 Tawarikh 4:9-10

Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya: “Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan.”

Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: “Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!” Dan Allah mengabulkan permintannya itu.

Yabes bukanlah orang yang terkenal dalam Alkitab (hanya disebut pada ayat di atas), banyak orang yang belum pernah mendengar tentang dia. Sebelumnya Yabes juga merupakan orang biasa-biasa saja seperti kita kebanyakan. Bahkan nama Yabes mempunyai arti yang buruk yaitu “kesakitan”. Entah doa Yabes ini merupakan seruan iman ataukah merupakan jeritan orang yang frustasi, doa ini benar-benar mengubah hidupnya menjadi luar biasa, lebih dimuliakan dari saudara-saudaranya.

Ada 4 permintaan Yabes:

  1. Berkati aku berlimpah-limpah!
  2. Perluaslah daerahku!
  3. Kiranya tangan-Mu menyertai aku!
  4. Lindungilah aku dari malapetaka!

BERKATI AKU BERLIMPAH-LIMPAH!

Sekilas seruan ini sepertinya egois, namun sebenarnya tidaklah demikian karena Tuhan kita sifatnya memberi dan suka memberkati. Tuhan ingin memberkati kita karena Ia mengasihi kita, Ia adalah Bapa yang mengasihi anak-anak-Nya. Jadi kta tidak perlu sungkan untuk meminta berkat karena itulah yang Tuhan inginkan.

Berkat ini tidak berbicara mengenai berkat umum yang bisa dirasakan oleh setiap manusia seperti sinar matahari, udara, dsb. Ada berkat yang lebih lagi yang Tuhan sediakan bagi anak-anak-Nya, sesuai kehendak-Nya yang baik bagi kita. Berkat Tuhan bukan hanya berbicara mengenai material, melainkan juga berbicara mengenai kepuasan batin. Dialah yang sanggup memuaskan hati kita.

Tuhan memberkati kita dengan tujuan yang lebih besar pula, yaitu agar kita berbagi berkat kita dengan orang lain.

Namun bagaimana mungkin kita bisa memperoleh berkat Tuhan kalau tidak meminta?

Matius 7:7-8

“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

PERLUASLAH DAERAHKU!

Tuhan ingin kita memperluas lebih lagi pengaruh dan dampak kita bagi-Nya. Daerah artinya pelayanan, yaitu kita membiarkan Tuhan memakai kita dalam kehidupan seseorang. Hal ini bisa dalam hal menguatkan saudara seiman kita yang lemah maupun dalam menjangkau jiwa. Kita minta Tuhan memperluas pengaruh kita bagi orang lain.

KIRANYA TANGAN-MU MENYERTAI AKU!

Kita tidak bisa melangkah sendiri untuk melakukan sesuatu yang besar bagi Tuhan. Kita perlu kekuatan dan kuasa Tuhan. Mintalah agar kita dipenuhi Roh Kudus. Roh Kudus itulah yang bekerja di dalam kita sehingga kita bisa menjangkau dunia, bukan dengan kuat dan gagah kita.

LINDUNGILAH AKU DARI MALAPETAKA!

Intinya sama dengan Doa Bapa Kami yang diajarkan Tuhan Yesus: “Janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat”. Saat kita bekerja buat Tuhan, artinya kita juga sedang berperang melawan iblis. Berarti kita akan mengalami pencobaan dan perlawanan (seperti yang sering dialami ketika sedang gencar-gencarnya memberitakan Injil maupun waktu PE). Jadi, kita perlu minta perlindungan Tuhan dan menjauhkan kita dari yang jahat.

Gak ada salahnya kan kalo kita berdoa dengan cara Yabes? Tuhan bisa memakai kita lebih dari yang kita bayangkan, melampaui batas kemampuan kita. Hohoho...

Jesus loves u { (^0^) }

Tidak ada komentar: