Senin, 01 September 2008

Waspada Ajaran Sesat

Thanks to Jesus who gave me new computer...
123faith.tk bisa diupdate lagi.. =D

Menanggapi artike sonya yang membahas tentang ajaran ajaran yang melenceng dari alkitab, Saya tergerak untuk menuliskan ulang artikel yang pernah saya baca sebelumnya. Yaitu menang atas ajaran-ajaran sesat.

3 jenis ajaran sesat
1. Sinkritisme ( percampuran ajaran-ajaran )
2. Gnostik
3. Askese/ bertarak. ( menyiksa tubuh )

Saat ini, saya akan lebih fokus kepada ASKESE/BERTARAK
Why?
Karena ajaran askese/bertarak ini sering saya lhat didalam kehidupan kekristenan banyak orang, termasuk beberapa diantaranya saya kenal.

What?
Apakah askese? Askese adalah suatu paham yang mengajarkan:

1. Terang itu baik, materi itu jahat
AJaran ini mengajarkan bahwa kalau kita masih mencari uang, mengenakan perhiasan dan baju yang mahal dan bagus, dll berarti kita masih terikat dengan roh dunia. Sebaliknya, jika kta hidup hidup menderita maka kta akan dimuliakan.
Ajaran ini benar-benar salah....
Bayangkan bila anda pergi ke suatu pesta, anda menggunakn pakaian yang kumuh. Bayangkan bagaimana reaksi orang tua anda? Orang tua anda pasti akan malu setengah mati. Bila orang tua anda yang di dunia saja malu, apalagi Bapa kita di surga. Kita akan mempermalukan Bapa kita.

2. Penyangkalan diri
Artinya menolak segala kesenangan. Padahal Paulus sedang mengajarkan penyangkalan diri yang berbeda yaitu jika kita punya sifat-sifat duniawi, itu harus dibuang. Kesenangan boleh saja ( menonton, karaoke , hal-hal yang menyukakan diri kita, selama tidak menyakiti hati Bapa )

3. Yang diberi mahkota adalah yang menjalankan sahid.
Artinya hanya orang yang mati/dibunuh karena pelayananlah yang akan menerima mahkota.

4. Melupakan "kemerdekaan" (gal 5:1-3; 13; 1kor 10:23-26)
Ajaran ini melupakan kemerdekaan, padahal di dalam Kristus, kita adalah orang orang merdeka. Tetapi kita jangan mempergunakan kemerdekaan kita untuk hidup dalam dosa. Tetapi apabila memang itu berkat, harus kita terima.

INTI DARI AJARAN ASKESE/TARAK
1.PENDERITAAN TUBUH ADALAH KEMULIAAN ROH.
Semakin tubuh menderita, roh semakin mulia. Padahal hal tersebut TIDAK ADA HUBUNGANNYA SAMA SEKALI. Kalau kita menderita itu hanya karena kesalahan kita maka kita dihukum dan adanya proses, sehingga atas ijin Tuhan penderitaan itu datang.

2.YESUS YANG DATANG KEMBALI TIDAK MAU DISAMBUT DENGAN KESIBUKAN.
Ajaran ini mengajarkan kita hrus berdoa ketika Yesus datang untuk kedua kalinya.

3. KESUCIAN ADALAH BEBASNYA JIWA DARI KEINGINAN TUBUH.
Bebas dari keinginan tubuh belum tentu kita menjadi suci ( kudus ). Bebas keinginan tubuh tetapi tanpa Tuhan juga percuma.


BAGAIMANA CARA MENANGKAL AJARAN SESAT?
1. Sungguh2 bergaul dengan Tuhan Yesus.
2. Baca alkitab, semua yang tidak sesuai dengan alkitab adalah sesat.
Roh kudus memang memberi pewahyuan baru, tetapi tidak pernah bertentangan dengan alkitab. (filipi 2:12-18)


Dalam ajaran askese/tarak ini, ayat2 sering ditafsirkan keliru sehingga beranggapan bahawa hidup Kristen itu harus menyiksa tubuh . Padahal Yesus sudah menggenapi "Aku mati supaya kamu hidup"

Banyak sekali orang-orang yang saya kenal memilih untuk bertarak untuk tidak menonton tv, tidak menonton bioskop, tidak membaca novel, tidak menyanyikan lagu-lagu yang bukan lagu rohani, Menghindari pesta.
Tapi semuanya itu TIDAK ADA GUNANYA. Dengan berlaku demikian, Anda berpikir roh anda akan semakin mulia? Tidak, kemuliaan roh kita akan kita dapat melalui bergumul dengan Tuhan, berelasi dengan Tuhan, berhubungan intim dengan Tuhan, Dan melakukan hal-hal yang saya sebutkan diatas sama sekali tidak dosa. Bila kita hidup dekat dengan Tuhan, Roh Kudus akan membimbing kita sendiri.

Hidup adalah pilihan, terserah anda untuk lebih memilih dalam kehidupan "Keju dan Biskuit" Anda.


"Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan" Gal5:1
Jangan mau lagi diperhamba oleh hukum-hukum yang tidak sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan. Kita bebas, kita merdeka.

MATIUS 15:9
Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.”
Untuk lebih melengkapi pengertian kita dapat dibaca artikel "Hidup Berdasarkan Aturan beragama atau Relasi dengan Tuhan?"

Tidak ada komentar: